Kisi – Kisi
Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Persamaan Garis Lurus
Aspek
|
Indikator
|
Indikator materi
|
No soal
|
kelancaran
|
Memberikan banyak pernyataan yang berkaitan dengan persamaan garis lurus dan system garis lurus
|
Siswa mampu menggambarkan grafik persamaan garis lurus pada bidang koordinat dengan menggunakan beberapa metode
|
1
|
Melakukan prosedur matematis secara lengkap dan tepat dalam pemecahan masalah dan memberikan banyak solusi dari masalah tersebut yang berkaitan dengan persamaan garis lurus
|
Siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan system persmaan garis lurus.
|
2
| |
Memberikan banyak contoh persamaan garis lurus, meliputi : persamaan garis lurus, gambar grafik pada system koordinat, peramaan, dan kemiringan.
|
Siswa mampu menentukan kemiringan daris, koordinat titik potong garis dengan sumbu x dan sumbu y, menggambarkan grafik.
|
3
| |
Melakukan prosedur matematis secara lengkap dan tepat dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.
|
Siswa mampu menetukan persamaan garis lurus jika kemiringan dan titik x,y) diketahui.
|
4
| |
Keluwesan
|
Membuat beragam pernyataan yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.
|
Siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan system persmaan garis lurus.
|
2
|
Menggunakan beragam cara atau kemungkinan cara pemecahan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.
|
Siswa mampu menentukan kemiringan daris, koordinat titik potong garis dengan sumbu x dan sumbu y, menggambarkan grafik.
|
3
| |
Menggunakan beragam srategi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.
|
Siswa mampu menetukan persamaan garis lurus jika kemiringan dan titik x,y) diketahui.
|
4
| |
Kebaruan
|
Membuat pernyataan yang bersifat baru atau unik yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.
|
Siswa mampu menggambarkan grafik persamaan garis lurus pada bidang koordinat dengan menggunakan beberapa metode
|
1
|
Menggunakan srategi yang bersipat baru atau unik yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.
|
Siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan system persmaan garis lurus.
|
2
| |
Menggunakan srategi yang baru atau unik dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.
|
Siswa mampu menentukan kemiringan daris, koordinat titik potong garis dengan sumbu x dan sumbu y, menggambarkan grafik.
Siswa mampu menetukan persamaan garis lurus jika kemiringan dan titik ) diketahui.
|
4
| |
3
| |||
Keterincian
|
Memberikan penjelasan yang rinci terhadap srategi, proses, dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.
|
Siswa mampu menggambarkan grafik persamaan garis lurus pada bidang koordinat dengan menggunakan beberapa metode
Siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan system persmaan garis lurus.
|
1
|
2
| |||
Memberikan penjelasan yang rinci terhadap pernyataan yang brkaitan dengan persamaan garis lurus.
|
Siswa mampu menentukan kemiringan daris, koordinat titik potong garis dengan sumbu x dan sumbu y, menggambarkan grafik.
Siswa mampu menetukan persamaan garis lurus jika kemiringan dan titik x,y) diketahui.
|
3
| |
1
|
Pedoman Penskoran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Pedoman Penskoran
Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Soal 1 (Skor Ideal 13)
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Kelancaran
|
1
|
Menyelesaikan satu persamaan garis lurus yang sesuai dan benar.
|
2
|
Menyelesaikan dua persamaan garis lurus yang sesuai dan benar.
| |
3
|
Menyelesaikan tiga persamaan garis lurus yang sesuai dan benar.
| |
4
|
Menyelesaikan persamaan garis lurus menggunakan operasi hitung.
| |
Keluwesan
|
1
|
Memberikan ragam pernyataan dan tidak mengarah pada solusi.
|
2
|
Menjelaskan ragam pernyataan yang dimaksud dalam soal dalam langkah penyelesaian soal belum logis.
| |
3
|
Menjelaskan ragam pernyataan yang dimaksud dalam soal dan mampu menyelesaikanya dengan benar.
| |
Kebaruan
|
1
|
Mengenggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang lazim ditinjsu dari konsep-konsep beserta keterkaitannya maupun konteks yang dilibatkan atau menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang juga di berikan oleh lebi dari 20% siswa
|
2
|
Mengenggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang kurang lazim atau menggunakan strategi atau memberiksn penjelasan yang juga diberikan oleh sebanyak 10% - 20% siswa.
| |
3
|
Mengenggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang tidak lazim atau menggunakan strategi atau memberiksn penjelasan yang juga diberikan oleh kurang dari 10% siswa.
Catatan: contoh strategi yang mungkin digunakan siswa adalah pengurangan, pembagian, perkalian, penjumlahan , menggambarkan grafik pada system koordinat.
| |
Keterincian
|
1
|
Memberikan satu jawaban yang benar, terinci, runtut, dan lengkapgdengan menggunakan konsep matematis terkait secara tepat dan akurat.
|
2
|
Memberikan dua jawaban yang benar, terinci, runtut, dan lengkap dengan menggunakan konsep matematis terkait secara tepat dan akurat.
| |
3
|
Memberikan tiga jawaban yang benar, terinci, runtut, dan lengkap dengan menggunakan konsep matematis terkait secara tepat dan akurat.
| |
Catatan: konsep- konsep terkait tersebut adalah mensubtitusikan nilai x,y kepersamaan garis lurus.
|
Soal 2 (Skor Ideal 10):
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Kelancaran
|
1
|
Menentukan titik potong garis dengan sumbu x yang sesuai dan benar.
|
2
|
Menentukan titik potong garis dengan sumbu y yang sesuai dan benar.
| |
3
|
Menggambarkan grafik persamaan garis lurus pada bidang koordinat yang sesuai dan benar.
| |
Keluwesan
|
1
|
Memberikan satu langkah maksud pertanyaan, yaitu menganalisis soal kedalam bentuk persamaan yang tidak mengarah pada solusi.
|
2
|
Menjelaskan ragam pernyataan yang dimaksud dalam soal dan langkah penyelesaian soal belum logis
| |
3
|
Menjelaskan ragam pernyataan yang dikmaksud dalam soal dan mampu menyelesaikannya dengan benar
| |
Kebaruan
|
1
|
Menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang lazim ditinjau dari konsep-konsep beserta keterkaitannya maupun konteks yang dilibatkan atau menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang juga diberikan oleh lebih dari 10% siswa.
|
2
|
Menggunakan strategi atau memeberikan penjelsan yang kurang lazim atau menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang juga diberikan sebanyak20% siswa.
| |
Keterincian
|
1
|
Memberikan penjelasan yang tidak sesuai atau tidak benar
|
2
|
Memberikan penjelasan yang kurang sesuai atau tidak benar di beberapa bagian serta tidak rinci dan tidak runtut. Penjelasan ini hanya melibatkan satu konsep terkait dengan menggunakan resresentasi atau notasi ilmiah yang kurang tepat atau kurang dibeberapa bagian.
| |
Catatan : konsep-konsep terkait tersebut adalah permisalan, pensubtitusian, pengurangan, pembagian, dan menggambar grafik pada system koordinat.
|
Soal 3 (skor ideal: 13)
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
kelancaran
|
1
|
Menggunakan strategi dan prosedur matematis dalam menentukan kemiringan garis dari persamaan garis lurus yang sesuai dan benar.
|
2
|
Menggunakan strategi dan prosedur matematis dalam menentukan titik potong garis x,y dengan sumbu x yang sesuai dan benar.
| |
3
|
Menggunakan strategi dan prosedur matematis dalam menentukan titik potong garis x,y dengan sumbu y yang sesuai dan benar.
Menggambarkan grafik pada system koordinat yang sesuai dan benar.
| |
4
| ||
Catatan : contoh strategi yang mungkin digunakan siswa adalah permisalan nilai (x,y) , mentukan kemiringan, mensubtitusikan nilai kepersamaan garis,dan menggambarkan grafik.
| ||
Keluwesan
|
1
|
Memberikan ragam pernyataan dan tidak mengarah pada solusi.
|
2
|
Menjelaskan ragam pernyataan yang dimaksud dalam soal dan langkah penyelesaian soal belum logis.
| |
3
|
Menjelaskan ragam pernyataan yang belum dimaksud dalam soal dan mampu menyelesaikanya dengan benar.
| |
Kebaruan
|
1
|
Menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang lazim ditinjau dari konsep-konsep beserta keterkaitannya maupun konteks yang dilibatkan atau menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang juga diberikan oleh oleh lebih dari 10%
|
2
|
Menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang kurang lazim atau menggunakan strategi atau memberikan penjelsan yang juga diberikan oleh sebanyak 20% siswa.
| |
3
|
Menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang kurang lazim atau menggunakan strategi atau memberikan penjelsan yang juga diberikan oleh sebanyak siswa.
| |
Keterincian
|
1
|
Memberikan penjelasan yang tidak sesuai atau tidak benar.
|
2
|
Memberikan penjelasan yang kurang sesuai atau tidak benar di beberapa bagian serta tidak rinci dan tidak runtu, penjelasan ini melibatkan operasi matematis, mensubtitusikan, menggambarkan grafik pada system koordinat.
| |
3
|
Memberikan penjelasan yang sesuai atau benar di beberapa bagian serta rinci dan runtu, penjelasan ini hanya melibatkan operasi matematis, mensubtitusikan, menggambarkan grafik pada system koordinat.
| |
Catatan: konsep-konsep terkait tersebut adalah mensubtitusikan, menggabarkan grafik pada system koordinat.
Operasi matematis terkait perkalian, pembagian dan penyederhanaan.
|
Soal 4 (Skor Ideal 8 )
Aspek
|
Skor
|
Kreteria
|
Kelancaran
|
1
|
Menggunakan strategi penyelesaian masalah, misalnya dengan mensubtitusikan nilai
![]() |
2
|
Menggunakan strategi penyelesaian masalah yang sesuai, tetapiterdapat prosedur matematis yang tidak tepat sehingga tidak diperoleh solusi yang benar.
| |
3
|
Menggunakan strategi dan prosedur matematis yang sesuai dan runtut sehingga diperoleh solusi yang tepat.
| |
Kebaruan
|
1
|
Menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang lazim ditinjau dari konsep-konsep beserta keterkaitannya maupun konteks yang dilibatkan atau menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang juga diberikan oleh oleh lebih dari siswa.
|
2
|
Menggunakan strategi atau memberikan penjelasan yang kurang lazim atau menggunakan strategi atau memberikan penjelsan yang juga diberikan oleh sebanyak siswa.
| |
Keterincian
|
1
|
Memberikan jawaban yang tidak sesuai atau tidak benar.
|
2
|
Memberikan jawaban yang kurang sesuai atau tidak benar di beberapa bagian serta tidak rinci dan tidak runtut. Jawaban ini melibatkan cara mensubtitusikan nilai(x,y operasi matematis , menggambarkan grafik pada system koordinat yang kurang tepat atau kurang akurat di beberapa bagian.
| |
3
|
Memberikan jawaban yang sesuai dan benar secara rinci dan runtut. Jawaban melibatkan konsep terkait secara tepat dan akurat
| |
Catatan: konsep-konsep terkait tersebut adalahmenentukan rumus yang digunakan sesuai dengan soal,mensubtitusikan nilai x,y ke persamaan garis lurus, menggambarkan grafik pada system koordinat.
Operasi matematis terkait adalah pengurangan , perkalian , pembagian dan penyederhanaan.
|
makasi infonya bermanfaat untuk calon guru ,,,,,
BalasHapussama - sama Ganreva, semoga bermanfaat bagi calon guru informasinya
BalasHapussangat membantu baget,,, maksih ya infonya,,d tunggu postan yg trbaru,,
BalasHapusseneng deh kalau buka blog ni ,,pas buka langsung d sambut sama musik yang keren,,
smga posting terbarunya nanti bisa memberi manfaat yang lebih lagi khususnya tentang matematika..